Pages

Kamis, 06 Mei 2010

Procesor 6 core pertama Intel

Intel kembali meliris varian terbaru prosesor mereka. Varian kali ini bukan lagi prosesor dual-core atau quad-core dengan penambahan clock speed, akan tetapi prosesor yang dilengkapi enam core didalamnya.
Intel Core i7 980X, merupakan nama resmi dari Intel untuk prosesor terbaru mereka dengan codename ”Gulftown”. Dari namanya prosesor ini memang masuk kedalam keluarga prosesor Intel i7. Dengan dilirisnya Intel core i7 980X, kasta tertinggi keluarga Intel core i7 akhirnya berpindah setelah sebelumnya ditempati oleh Intel core i7 Extreme 975.

Pada awal peluncuran prosesor enam core ini, Intel mematok harga di atas US$ 999 untuk setiap kepingnya. Tidak jauh berbeda dengan Intel core i7 Extreme975 yang juga dipatok pada harga US$ 999. Harga ini memang tergolong fantastis untuk harga sebuah prosesor. Akan tetapi apakah harga yang ditawarkan sepadan dengan kinerjanya?

Intel Core i7 980x dibangun dengan proses fabrikasi32 nm. Inilah prosesor Intel pertama untuk soket LGA 1366. Sebelumnya Intel telah menerapkan proses fabrikasi ini pada prosesor Intel Core i3 dan core i5 mereka. Pada seri Intel Core i7 di soket LGA 1366 sebelumnya, Intel masih menggunakan fabrikasi 45 nm. Salah satu manfaat dari proses fabrikasi yang lebih kecil adalah konsumsi daya prosesor yang lebih hemat.

Clock speed Intel Core i7 980X ditetapkan pada 3.33 GHz. Ukuran L1 chace prosesor ini sebesar 64 KB untuk setiap core-nya. Sedangka untuk ukuran L2 chace, Intel menetapkan sebesar 256 KB untuk setiap core-nya. Untuk L3 chace, Intel menyediakan sebesar 12 MB untuk dipakai bersama oleh seluruh core


Intel Core i7 memiliki TDP sebesar 130 Watt. Teknologi yang biasa hadir pada prosesor Intel juga tersedia pada model ini. Beberapa diataranya adalah Intel Turbo Boost dan Intel hyperthreading. Untuk menikmati prosesor high-end ini, Anda yang sudah memiliki motherboard soket LGA 1366 denga chipset Intel X58 tidak perlu membeli motherboard terbaru, Anda cukup meng-update BIOS motherboard ke versi yang lebih baru.


Dengan harga jual di atas US$ 999, prosesor ini menjadi salah satu hardware computer desktop termahal saat ini. Di dalamnya anda akan mendapatkan prosesor Intel dengan enam core, teknologi Hyperthreading, Intel Turbo Boost, dan lainnya. Jika dibandingkan dengan Core i7 975, kinerja Core i7 980X mampu mengunggulinya. Walaupun begitu kinerjanya tidak terpaut terlalu jauh. Sepertinya hal ini lebih disebabkan aplikasi yang belum bisa dimanfaatkan prosesor dengan core banyak. Dikemudian hari tampaknya akan lebih banyak aplikasi yang dapat memanfaatkan kelebihan prosesor enam core ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini!!!!!